Selasa, 11 September 2007

MARTA TILAAR

Perempuan Harus Mandiri

Jakarta, Kompas - Perempuan Indonesia harus bisa berusaha mandiri dengan mengembangkan kemampuannya. Oleh karena itu, pendidikan menjadi sangat penting bagi perempuan.

"Kami ingin perempuan Indonesia maju. Oleh karena itu, kami akan memberi beasiswa untuk perempuan di Nusa Tenggara Timur," kata pakar kecantikan Martha Tilaar saat perayaan 37 Tahun Martha Tilaar Berkarya di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat (7/9) malam.

Pada kesempatan tersebut diluncurkan buku biografi Prof HAR Tilaar dan Martha Tilaar dengan tema "Untukmu Indonesia". Buku biografi Prof HAR Tilaar berjudul Indonesiaku! Sebentuk Manikam Untukmu-Dedikasi Seorang Guru dan biografi Martha Tilaar berjudul Bagi Indonesia Perjalanan Seorang Perempuan Enterpreuner-Mengubah Mimpi Menjadi Nyata.

Buku tersebut diluncurkan bertepatan dengan peringatan ulang tahun Prof HAR Tilaar ke-75 dan Martha Tilaar ke-70. "Jadi semua serba tujuh. Tujuh ini adalah angka keberuntungan saya," kata Martha Tilaar.

Dalam biografinya Prof HAR Tilaar memberikan satu pelajaran bahwa sesuatu yang instan tidak akan bertahan lama karena tidak mendapat akar yang cukup kuat untuk menopangnya. Anak-anak yang ditempa dalam budaya instan mudah berbelok-belok arah sehingga tidak dapat diharapkan menjadi generasi penerus yang andal.

Sementara itu, dalam biografinya, Martha Tilaar membagi pengalamannya mengembangkan produk kosmetik. Dan kini ia memimpin pabrik dengan 6.000 pekerja. Ini adalah perjuangan panjang. Sukses seorang tokoh kerap dilihat bagaimana ia pada hari ini. Padahal, semua yang diraih hari ini tidak serta-merta didapat begitu saja. Di dalamnya terdapat perjuangan dan perjalanan panjang yang diwarnai jatuh bangun dengan segenap upaya yang sering tidak diketahui orang.

Kini perjuangan panjang Martha Tilaar telah membawa hasil. Bahkan, beberapa usahanya mendapatkan penghargaan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya perempuan Indonesia bisa mencontoh perjuangan Martha Tilaar menjadi perempuan mandiri melalui karyanya. (LOK)

Tidak ada komentar: